December 11, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kalimantan

Share artikel ini

2) Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur

Bagi pecinta jelajah alam, cobalah tantang nyalimu untuk berjalan di atas Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai, kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dari jembatan ini kita dapat menikmati kicauan burung yang terdengar bersaut-sautan.

Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur (sumber)

Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur (sumber)

Jembatan Tajuk atau juga disebut dengan canopy bridge itu memiliki panjang 64 meter yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 meter. Jembatan Tajuk ini merupakan jembatan yang pertama di Indonesia yang dibuat dari akar tanaman dan kedelapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat dan dibangun pada tahun 1998 selama satu bulan.

Selain menggunakan kayu dalam konstruksinya juga menggunakan baja anti karat. Jembatan ini diperkirakan mampu bertahan hingga 20 tahun. Wisatawan yang berkunjung ke Jembatan Tajuk harus melalui jalan setapak yang dipenuhi pohon-pohon rindang.

Walaupun di tengah hutan, tetapi tempat ini cukup nyaman sebagai tempat wisata karena kawasan ini telah dilengkapi dengan pondok atau cottage, kolam renang, restoran, serta tempat perkemahan atau camping ground. Jadi, kita bisa menjelajah hutan tanpa kerepotan memikirkan makan dan akomodasi.

(Visited 1,307 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *