December 11, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kalimantan

Share artikel ini

4. Singkawang, Kalimantan Barat

Menjelajahi kota Singkawang kita akan mendapatkan suasana seperti di negeri Tingkok, tentulah hal itu beralasan karena di wilayah ini memang kental dengan suasana etnis Tionghoa. Di mana pun di setiap sisi kota Singkawang, kita akan merasakan lingkungan yang sarat dengan ikon-ikon khas etnis Tionghoa.

Pasar Hongkong, Singakawang, Kalimantan Barat (sumber)

Pasar Hongkong, Singakawang, Kalimantan Barat (sumber)

Kota Singkawang juga dijuluki kota seribu Klenteng. Kota ini akan semakin semarak setiap perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Singkawang juga memiliki pantai pasir putih dan perbukitan yang menawan. Jika di kota lain etnis Tionghoanya sudah minim menggunakan bahasa nenek moyangnya, di Singkawang justru masih menggunakan bahasa Cina seperti seperti Hakka dan Tio Ciu yang masih digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kota Singkawang

Kota Singkawang, Kalimantan Barat (sumber)

Propinsi Kalimantan barat khususnya wisata di Singkawang dan sekitarnya tenyata menyimpan potensi banyak sekali daerah wisata terutama daerah wisata pantai. Wisata pantai di daerah ini sangat beragam dan menarik yang membentang mulai dari kawasan Pantai Kijing sampai daerah wisata di Sedau, yakni Sinka Island.

Pantai Kijing (sumber)

Pantai Kijing, Singkawang, Kalimantan Barat (sumber)

Dekat Pantai Kijing terdapat Pulau Temajo yang juga masuk dalam kawasan wisata di Kalimantan Barat yang cukup populer karena pesona dari kawasan Pantai Pasir Panjang Indah. Asal namanya karena pantai ini membentang panjang melengkungi laut lepas. Pantai ini merupakan wilayah dengan potensi yang berkembang, disana terdapat tempat akomodasi, restoran, tempat hiburan, dan lainnya. Di akhir minggu selalu ada kegiatan permainan, seperti flying fox dan banana boat.

Pantai Pasir Panjang (sumber)

Pantai Pasir Panjang, Singkawang, Kalimantan Barat (sumber)

Dari Pantai Pasir Panjang Indah, Anda akan menaksikan keindahan dari Pulau Lemukutan, Pulau Kabung dan Pulau Randayan yang merupakan kawasan wisata, khususnya untuk para wisatawan yang suka dengan snorkeling dan diving dengan dibatasi perairan Laut Natuna.

Wisata pantai yang lainnya dan kini banyak dikunjungi adalah Pantai Samudra Indah. Letak pantai ini sangat strategis dan merupakan pantai yang menghadap Laut Cina Selatan. Sama dengan wisata pantai Kijing dan pasir Panjang Indah, pantai ini merupakan pantai landai dengan pasir putih dan pepohonan yang menyegarkan. Di sana, para pengunjung dapat bermain air dan menikmati kuliner di berbagai pondok-pondok sekitar pantai.

Pantai Kura-Kura (sumber)

Pantai Kura-Kura, Singkawang, Kalimantan Barat (sumber)

Berdampingan dengan pantai Samudra Indah ada Pantai Kura-Kura dan Sinka Island. Kedua pantai yang berdekatan ini berada tepat di pintu masuk kota Singkawang. Yang unik dari Sinka Island adalah terdapat Pulau Simping yang merupakan pulau paling kecil di dunia yang sudah diakui oleh PBB.

(Visited 1,311 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *