December 11, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Kalimantan

Share artikel ini

6. Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Pulau Kembang di propinsi Kalimantan Selatan ini tidak jauh dari obyek wisata pasar terapung Tanjung Kuin. Di Pulau Kembang terdapat ribuan monyet yang selalu datang mendekat ke arah wisatawan. Itulah sebabnya sebaiknya kita siapkan makanan kesukaan monyet seperti pisang saat berbelanja di pasar Tanjung Kuin. Pulau Kembang merupakan sebuah delta yang terletak di tengah sungai Barito dengan luas 60 hektar. Pulau Kembang yang berada di dalam kawasan hutan Kabupaten Barito Kuala ini merupakan habitat kera ekor panjang (monyet) dan beberapa jenis burung.

Pulau Kembang, Banjarmasin, Kalimantan Barat (sumber)

Habitat Monyet di Pulau Kembang, Banjarmasin, Kalimantan Barat (sumber)

Di dalam kawasan hutan wisata ini terdapat altar untuk meletakkan sesaji bagi “penjaga” pulau Kembang yang dilambangkan dengan dua buah arca berwujud kera berwarna putih (Hanoman).

Biasanya masyarakat dari etnis Tionghoa yang mempunyai kaul atau nazar tertentu meletakkan seasajian di altar itu. Biasanya seekor kambing jantan yang tanduknya dilapisi emas  akan dilepaskan ke dalam hutan pulau Kembang apabila sebuah permohonan berhasil atau terkabul.

(Visited 1,311 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *