December 10, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sumatera

Share artikel ini

4) Jam Gadang, Bukittinggi, Sumatera Barat

Anda pernah melihat langsung Big Ben di London? Jika belum, tidaklah perlu risau sebab Indonesia juga punya “Big Ben” yang berada di pusat kota Bukittinggi, Sumatera Barat yaitu Jam Gadang.

Jam Gadang berasal dari bahasa Minangkabau yang dalam bahasa Indonesia artinya jam besar ini menjadi tujuan favorit wisatawan ketika berkunjung di Bukittinggi. Jam Gadang adalah sebuah menara jam yang berada di pusat Kota Bukittinggi. Jam ini memiliki luas 13×4 meter dengan tinggi 26 meter. Jam Gadang memiliki beberapa tingkat dengan tingkat yang paling atas sebagai penyimpanan bandul. Pada Jam Gadang, terdapat empat jam yang memiliki ukuran relatif besar dengan diameter 80 cm.

Jam Gadang Bukittingi

Jam Gadang, Bukittingi, Sumatera Barat (sumber)

Jam Gadang yang didatangkan dari Rotterdam, Belanda ini memiliki keunikan yaitu gerakannya dilakukan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat dua unit di dunia, yaitu Jam Gadang dan Big Ben di London oleh pabrik jam asal Jerman, Vortmann Relinghausen  pada tahun 1892.

Kita dapat menikmati suasana di sekitar jam Gadang dengan duduk santai di bangku-bangku yang tersedia. Tidak jauh dari jam Gadang kita bisa berbelanja di pasar yang terletak di belakang jam Gadang.

(Visited 614 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *