December 10, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sumatera

Share artikel ini

5. Candi Muaro Jambi, Jambi

candi muaro jambi

Candi Mauro, Jambi (sumber)

Candi Muaro Jambi merupakan situs purbakala terluas di Indonesia karena kompleks percandian ini memiliki luas 12 kilometer persegi dengan panjang 7 km, serta luas 260 hektar. Setidaknya ada 61 candi yang sebagian besar masih berupa gundukan tanah (menapo) yang belum dikupas (diokupasi). Candi Muaro Jambi berada di kawasan Desa Muaro Jambi, Kecamatan Marosebo, Ulu Kabupaten Muarojambi ini, diduga dibangun pada abad ke-11 Masehi saat pemerintahan Sriwijaya. Candi yang menggunakan bata merah ini merupakan salah satu warisan budaya agama Budha yang bernilai sangat tinggi.

Pada bagian-bagian bangunan Candi Muaro Jambi menunjukkan bahwa, zaman dulu Candi Muaro Jambi ini pernah digunakan sebagai salah satu pusat tempat peribadatan agama Budha Tantri Mahayana.

Hal itu ditunjukkan dari berbagai sisa peninggalan zaman itu yaitu berupa Stupa, Arca Gajah Singh, Arca Prajinaparamita dan lain–lainnya. Kawasan wisata candi Muaro Jambi telah diresmikan oleh mantan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST) yang terdapat di Sumatera.

(Visited 617 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *