December 10, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sumatera

Share artikel ini

6. Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan

Jika berwisata di Palembang, Sumatera Utara jangan lewatkan untuk mengunjungi ikon kotanya yaitu Jembatan Ampera. Jembatan Ampera yang dibangun pada tahun 1962 ini awalnya bernama Jembatan Bung Karno, akan tetapi mantan Presiden Pertama RI itu tidak setuju karena nama itu dinilai terlalu mengagungkan individu, maka dipilihlah nama Ampera sebagaimana fungsinya yaitu Amanat Penderitaan Rakyat yang merupakan slogan yang terkenal di tahun 60-an.

Jembatan-Ampera-Palembang

Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan (sumber)

Jembatan Ampera adalah jembatan penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Saat awal jembatan Ampera ini berfungsi di bagian tengah, bagian belakang dan bagian depan badan jembatan bisa diangkat agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Sejak tahun 1970, aktivitas turun naik bagian tengah jembatan ini tidak difungsikan karena lamanya waktu yang digunakan yaitu 30 menit untuk mengangkat jembatan ini dianggap mengganggu arus lalu lintas di atasnya.

Jembatan Ampera sangat indah dikunjungi pada malam hari karena jembatan ini dilengkapi dengan lampu-lampu yang berpendaran merupakan obyek yang menjadi buruan para fotografer.

Di seputar Jembatan Ampera juga terdapat terdapat pasar yang merupakan pusat souvenir dan makanan khas Palembang.

(Visited 614 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *