December 10, 2015

Inilah 10 Tempat Wisata Favorit di Sumatera

Share artikel ini

7. Pulau Penyengat, Kepulauan Riau

Jika kita mengunjungi kepulauan Riau jangan lewatkan untuk berwisata ke Pulau Penyengat. Pulau Penyengat merupakan sebuah pulau kecil yang berjarak 2 km dari Tanjung Pinang. Pada abad ke-18 pulau ini merupakan lokasi pemerintahan Kesultanan Johor-Riau. Pulau Penyengat dulunya dikenal masyarakat sekitar dengan Pulau Air tawar yang menjadi sebuah cerita tentang legenda Pulau Penyengat ini.

pulau penyengat riau

Pulau Penyengat, Kepulauan Riau (sumber)

Pulau ini dinamakan pulau Penyengat karena ada legenda yang menyebutkan saat para pelaut singgah di pulau ingin mengambil air tawar tetapi saat mengambil air para pelaut sering diserang lebah. Itulah sebabnya para pelaut menyebutnya sebagai Pulau “Penyengat”.

Salah satu bangunan yang unik di pulau Penyengat adalah sebuah masjid yang dibangun dengan kapur semen yang dicampur dengan telur putih.

Di masjid ini terdapat beberapa benda sejarah antara lain manuskrip kuno dan al-qurán yang ditulis Abdurrahman Istambul. Di halaman Masjid terdapat 2 unit rumah sotoh yang digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan.

(Visited 603 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *