May 22, 2016

Tips Mendampingi Anak yang Aktif

Share artikel ini

2. Memberi kesempatan

Jika saat mengerjakan tugas anak mengalami kegagalan, sebagai orang tua Anda tetap memberikan semangat dan kesempatan untuk mengulang atau mencoba kembali. Anda juga dapat membantu memberikan penjelasan mengenai kegagalannya agar ia tidak mengulang kesalahannya.

3. Mintalah untuk memimpin sesuatu

Karena ia begitu aktif Anda dapat memberikan kesempatan agar ia dapat memimpin adik/saudara atau sekelompok teman. Dengan seperti itu keaktifannya dapat terarah dengan baik.

4. Hindari memberi label

Pemberian label pada anak sebaiknya tidak diberikan dalam bentuk apapun kondisi anak. Pemberian label pada anak akan memiliki dampak yang cukup besar bagi perkembangan mental anak. Anak yang aktif sekalipun sebaiknya tidak diberi label yang negatif mengenai keaktifannya, misalnya ‘Kamu terlalu aktif sih, mama jadi malas kalau ajak kamu pergi!’

 

Hanya orang tua yang bijak yang dapat mengenal kondisi anak dan membantu menyalurkan kebutuhannya. Bila anak Anda adalah anak yang aktif, semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat membantunya untuk mengekspresikan keaktifannya secara positif. Selamat menjadi orangtua yang bijak dalam mendampingi anak-anak!

 

Artikel menarik lainnya:

Tips Mendampingi Anak yang Pemalu

Kenali Anak Aktif dan Hiperaktif

Kursus Matematika itu Penting untuk Anak

(Visited 180 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *