January 25, 2016

Top Kuliner di Sumatera

Share artikel ini

6. Empek-Empek

Cita rasanya yang gurih di padu dengan kuah yang asin pedas membuat pempek atau empek-empek sangat populer sebagai makanan yang bisa dimakan kapan saja. Empek-empek makanan khas Sumatera Selatan ini telah dikenal di banyak tempat di seluruh Indonesia. Empek-empek atau pempek berasal dari kata “apek”, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina. Berdasarkan cerita rakyat, sekitar tahun 1617 terdapat apek atau orang lelaki keturunan Cina yang berumur 65 tahun tinggal di daerah sungai Musi. Ia prihatin dengan banyaknya ikan yang belum dimanfaatkan dengan baik karena ikan hanya digoreng ataupun dipindang, maka timbullah ide nya untuk mengolah ikan dicampur dengan tepung tapioka, maka jadilah jenis olahan baru. Maka makanan baru itu dijual keliling kampung.

pempek palembang

Karena penjual nya dipanggil dengan sebutan “pek….. apek” maka nama makanan itu kemudian populer dengan sebutan empek-empek atau pempek. Empek-empek diolah dari ikan dan tepung sagu memiliki rasa yang gurih akan terasa lebih lezat jika dipadukan dengan kuahnya yang berwarna coklat kehitaman atau yang disebut dengan cuka atau cuko. Cuko dibuat dari cabe rawit, gula merah, udang ebi, bawang putih, garam dan air panas. Tambahan mentimun pada empek-empek menambah citarasa makanan khas Palembang itu semakin menggoda selera.

Yummy,, Jadi lapar ya membaca artikel ini. Pasti hampir semua telah dicoba kan? Ayo bagi cerita mu, dan bagikan ke teman-teman.

Baca Juga:

6 Kuliner Unik Indonesia

10 Makanan Terlezat Khas Indonesia

(Visited 341 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *