February 2, 2016

Tradisi Yang Dilakukan Saat Imlek

Share artikel ini

2) Angpao

Satu hal yang sering dinantikan saat merayakan imlek yaitu mendapatkan angpao. Pada masa lalu angpao biasanya berupa manisan ataupun makanan. Namun sering dengan perkembangan zaman angpao lebih mudah diberikan berupa uang untuk memudahkan anak-anak memutuskan sendiri hadiah apa yang akan mereka beli.

angpaoAngpao biasanya berbentuk amplop kecil berwarna merah yang berisi uang. Sesungguhnya angpao bukan hanya diberikan pada anak-anak, akan tetapi juga bisa diberikan pada kerabat atau siapapun yang berhak menerimanya. Biasanya pemberi angpao adalah orang yang dianggap mampu secara financial.

Sesungguhnya tradisi memberikan angpao ini telah ada pada zaman Ming dan Qing. Pada masa itu, anak-anak yang diberi angpao menggunakan uang untuk membeli petasan, manisan, dan kue-kue. Tindakan ini ternyata berdampak baik pada perputaran roda perekonomian dan peredaran uang di Tiongkok di zaman itu.

Di masa lalu uang yang digunakan sebagai angpao adalah uang terkecil di Tingkok yaitu keping perunggu yang mempunyai lubang segi empat di tengahnya. Pada bagian tengah uang itu diikat menjadi untaian uang dengan menggunakan tali merah. Bagi keluarga kaya angpao yang diberikan yaitu 100 keping perunggu dengan harapan agar mereka dikaruniai umur panjang.

(Visited 425 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *