February 2, 2016

Tradisi Yang Dilakukan Saat Imlek

Share artikel ini

7) Yusheng

Satu lagi makanan yang wajib disajikan saat Imlek yaitu Yusheng atau “yee sang” . Yusheng berupa salad ikan segar yang ditambah irisan sayuran segar seperti lobak dan wortel. Ikan yang digunakan untuk Yusheng yaitu ikan tuna atau salmon yang diiris tipis dan direndam campuran minyak goreng, minyak wijen, dan merica.

yushengYusheng disantap bersama saus yang terbuat dari campuran minyak wijen dengan saus buah prem, gula pasir dan kayu manis. Akasara Tinghoa untuk Yusheng (鱼生) hampir mirip dengan yúshēng (余升) yang artinya kelimpahan yang semakin meningkat. Maka tidaklah mengherankan jika makanan ini dipercaya sebagai simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.

Menurut tradisi, saat mengaduk Yusheng dengan sumpit, maka adukan ikan, sayuran dan saos harus diangkat tinggi-tinggi di atas piring. Ada kepercayaan bahwa semakin tinggi Yusheng terangkat, maka semakin tinggi pulalah keberuntungan yang akan didapatkan di tahun mendatang. Tradisi mengangkat Yusheng tinggi-tinggi itu disebut lo hei. Tradisi menghidangkan Yusheng ini diduga telah dilakukan nelayan di sepanjang pesisir Guangzhou merayakan Renri (hari ke-7 Tahun Baru Imlek) dengan berpesta hasil tangkapan ikan.

Baca juga:

Apa Itu Imlek?

Feng Shui: Apa Unsur-unsur dan Cara Menggunakannya?

(Visited 425 times, 2 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *