August 2, 2015

Tuntaskan Bullying Sejak Dini

Share artikel ini

Mengapa bullying dapat merugikan kita?

Walaupun bullying terlihat lebih jelas dampaknya kepada orang yang di-bully, sebenarnya orang yang mem-bully orang lain juga memiliki dampak negatif yang sangat berbahaya bagi dirinya sendiri seperti mereka cenderung menjadi stress. Mereka memang senang saat menyakiti orang, tetapi, saat kesenangan itu berakhir, sistem limbik yang bertugas untuk merekam segala kejadian yang mereka lakukan dan mereka alami akan memacu otak untuk memproduksi hormon kortisol atau yang biasa disebut sebagi hormon stres.

Mereka akan sering memikirkan tentang hal-hal buruk yang mereka lakukan kepada orang tersebut sehingga mereka akan memacu otak untuk memproduksi hormon-hormon tersebut secara berlebihan. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat membawa mereka ke tahap depresi, trauma serta dapat berujung pada bunuh diri.

080747, photos of Sam Hernandez for cyber-bullying story by Suzanne Dowling, 07-16-08

(Visited 188 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


2 thoughts on “Tuntaskan Bullying Sejak Dini”

  1. Ella says:

    Memang benar, soal bullying itu sangatlah penting dan perlu kita tangani dari pihak sekolah maupun orang tua. Bukan hanya di Indonesia, problem bullying ini di mana-mana. Bahkan masalah ini sedang diutamakan oleh menteri pendidikan di Jepang

    http://www.japantimes.co.jp/news/2015/08/18/national/social-issues/suicide-among-children-tends-occur-long-vacation-study/#.VdO6PXih1UQ

    1. Helen Santoso says:

      Terima kasih untuk sharingnya. Namun banyak korban bullying takut menceritakan pengalaman buruknya bahkan ke orang terdekat. Hal ini memang jadi perhatian kita bersama, terlebih orang tua, sekolah, dan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *