August 2, 2015

Tuntaskan Bullying Sejak Dini

Share artikel ini

3. Mengajarkan anak Anda untuk membela diri

Jika anak Anda sering diejek temannya, ajarkan anak Anda untuk mengubah kata-kata negatif yang dilontarkan temannya menjadi kata-kata positif atau humoris sehingga pelaku bully pun bosan mengolok sang anak. Pelaku bully senang melihat korban bully menangis ataupun marah ketika di-bully.

Namun bila anak Anda tidak sanggup dalam mendengarkan kata-kata yang negatif tersebut, ajarakan ia untuk tidak menghiraukannya dan pergi meninggalkannya. Ada baiknya bagi si anak untuk selalu bepergian dengan temannya seperti saat ingin ke kamar kecil, kantin, koperasi dan tempat-tempat lainnya di sekolah. Dengan adanya teman, anak dapat memiliki dukungan tambahan dan berani untuk menghadapi para penindas.

4. Mengajarkan anak untuk percaya diri kembali

Salah satu dampak merugikan yang dapat terjadi pada anak adalah rasa tidak nyaman, minder dan rasa takut. Hal ini sangatlah wajar karena mereka memiliki ketakutan tersendiri dan berasumsi bahwa pelaku bully akan tetap mem-bully walaupun sudah dilaporkan pada pihak sekolah. Sang anak juga menjadi tidak nyaman karena menjadi pusat perhatian.

Anda dapat membantunya dengan melatih sang anak agar ia menjadi percaya diri, misalnya melakukan perundingan perdamaian antara anak Anda dan pelaku bully supaya ia tidak merasa takut lagi. Anda juga harus menanamkan pemikiran kepada si anak bahwa bully ini bukanlah kesalahannya. Jalinlah komunikasi yang mendalam dengan si anak sehingga ia dapat merasa percaya diri dan nyaman kembali masuk sekolah. Jika anak terus menerus tidak percaya diri, Anda dapat mengajaknya untuk ke psikolog agar membantu proses penyembuhan.

Saat seseorang berusaha untuk menjatuhkan Anda ke bawah, itu hanya berarti bahwa Anda sudah berada di atas mereka. Semoga postingan ini dapat membantu orang tua dalam mencegah dan menanggulangi bullying yang dapat menimpa sang buah hati. Semoga berhasil!

Baca juga:

5 Tips Mengatasi Stres Pada Anak

Tips Aman Penggunaan Internet untuk Anak

5 Keuntungan Teknologi Bagi Anak

(Visited 186 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


2 thoughts on “Tuntaskan Bullying Sejak Dini”

  1. Ella says:

    Memang benar, soal bullying itu sangatlah penting dan perlu kita tangani dari pihak sekolah maupun orang tua. Bukan hanya di Indonesia, problem bullying ini di mana-mana. Bahkan masalah ini sedang diutamakan oleh menteri pendidikan di Jepang

    http://www.japantimes.co.jp/news/2015/08/18/national/social-issues/suicide-among-children-tends-occur-long-vacation-study/#.VdO6PXih1UQ

    1. Helen Santoso says:

      Terima kasih untuk sharingnya. Namun banyak korban bullying takut menceritakan pengalaman buruknya bahkan ke orang terdekat. Hal ini memang jadi perhatian kita bersama, terlebih orang tua, sekolah, dan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *