September 25, 2015

8 Cara Mudah Meningkatkan Minat Baca Pada Anak

meningkatkan minat baca
Share artikel ini

Bagaimana meningkatkan minat anak dalam membaca buku?

Tahukah Anda bahwa minat baca anak di Indonesia sangat rendah. Berdasarkan data UNESCO, persentase minat baca anak Indonesia sebesar 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu saja yang memiliki minat baca. Kenapa bisa demikian? Beberapa dari kita dilahirkan untuk menjadi seorang pembaca yang baik dan bahkan ada secara natural sejak dini sudah memiliki minat baca yang sangat tinggi. Namun sebagian besar sisanya disebut netral atau bahkan membaca itu membosankan. Ada anak-anak yang cukup pandai membaca, hanya saja tidak mempunyai keinginan untuk melakukannya kecuali jika diperlukan.

Oleh karena itu sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana memperkenalkan buku-buku bacaan bagi anak usia dini karena dikemudian hari akan menjadi kebiasaan ketika mereka tumbuh dan dapat menemukan minat mereka untuk membaca buku.

Berikut adalah beberapa tips dan saran secara sederhana yang bisa anda coba terapkan untuk anak anda.

1. Koleksi Buku

Coba pikirkan rak buku yang ada di rumah Anda, apakah keberadaan rak tersebut memiliki sesuatu yang bisa menarik perhatian anak Anda? Jika tidak, cobalah untuk sedikit berinvestasi membeli sejumlah koleksi untuk bahan referensi anak. Perhatikan bahwa buku yang Anda beli harus menarik perhatian anak kecil, seperti buku warna-warni dengan gambar yang penuh dengan animasi. Atau bisa membawa anak-anak ke toko buku dan biarkan mereka memilih buku yang mereka inginkan namun tetap menghindari tokoh kekerasan pada buku komik.

2. Perpustakaan

Ingatlah untuk selalu memanfaatkan perpustakaan umum setempat. Untuk anak-anak yang belum bersekolah, perpustakaan adalah salah satu manfaat khusus untuk tumbuh kembang anak. Sebuah perpustakaan adalah salah satu sumber daya yang besar untuk dapat mengeksplorasi otak dan daya pikir anak. Biasakan mengunjungi perpustakaan setiap minggu untuk meminjam buku. Menghabiskan waktu cukup lama di perpustakaan akan mendorong anak-anak Anda melihat-lihat seisi perpustakaan dan membantu mereka menemukan buku yang mereka inginkan.

3. Tanya Jawab

Libatkan anak Anda dalam diskusi buku selama berkumpul bersama keluarga. Cobalah untuk membahas topik yang diminati anak, hal ini akan memicu semakin tingginya rasa ingin tahu mereka. Pada akhir diskusi berilah jawaban akhir untuk anak dan beritahu mereka untuk selalu menyelesaikan bacaan buku agar mengetahui akhir dari cerita tersebut.

4. Taman Bacaan

Ini adalah salah satu cara untuk membangun minat baca yang menyenangkan bagi anak. Area ini adalah area khusus ruang membaca. Sejumlah keluarga menciptakan ruang membaca dengan membeli furniture berukuran anak-anak, dan membiarkan anak berekspresi dan mendekorasi ruang bacanya sendiri. Ada cara kreatif lainnya yaitu dengan membeli tenda ataupun terowongan untuk ruang membaca. Beberapa cara kreatif ini telah terbukti meningkatkan minat anak untuk selalu ingin menghabiskan waktunya di tempat nyaman tersebut sebagai ruang bacaan. Alhasil dalam waktu dekat, anak dapat menemukan buku favoritnya dan dapat mengeksplorasi jiwa seni mereka.

5. Kunjungi situs web dari penulis favorit dan seorang ilustrator

Banyak penulis dan ilustrator memiliki situs web yang berisikan informasi tentang semua buku-buku mereka, biografi singkat, dan kegiatan untuk anak-anak. Sebagai contoh, penulis buku gambar dan ilustrator Jan Brett memiliki ribuan ilustrasi kegiatan untuk anak-anak di dalam situsnya. Jika anak-anak Anda tertarik untuk menjadi penulis atau ilustrator, mereka akan menikmati membaca tentang berbagai cerita yang dipersembahkan oleh Jan Brett. Beberapa penerbit juga memiliki situs yang menarik, seperti situs Harry Potter Scholastic.

6. Sekali seminggu, memasak bersama-sama menggunakan sebuah buku masak anak-anak

Banyak buku masak tersedia terutama diperuntukan bagi anak-anak. Hal ini bisa menjadi menyenangkan apalagi memasak bersama-sama. Membaca dan mengikuti arahan dari isi buku adalah sebuah praktik yang baik untuk anak-anak Anda, dan memasak merupakan keterampilan yang dapat mereka rasakan sepanjang hidupnya.

7. Luangkan waktu khusus untuk membaca

Coba luangkan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk membaca buku apapun. Jika terasa berat, bisa juga coba mulai dari 10 menit, lalu bertambah 20 menit, yang penting konsisten. Dengan demikian, si kecil akan terbiasa membaca, dan akan terbawa hingga dewasa.

8. Pasang target untuk menyelesaikan baca satu buku

Ini merupakan kelanjutan dari poin nomor 7 diatas. Misalnya, dalam seminggu harus selesai membaca sebuah buku. Dengan cara ini, kita jadi terpacu untuk membaca. Namun yang perlu diingat, pesan dari buku tersebut juga harus kita pahami, jangan hanya sekedar kejar target saja.

 


Demikian 8 tips mudah untuk meningkatkan minat baca pada anak. Semoga bisa langsung di praktekan, dan yang terutama dapat meningkatkan minat baca anak anda.

 

Selamat membaca!

(Visited 244 times, 1 visits today)
Share artikel ini

BERLANGGANAN NEWSLETTERS

Bergabunglah dengan Newsletter kami dan dapatkan tips dan artikel serta penawaran kursus terbaru


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *